Kelebihan dan Kekurangan Kain Satin

SatinBahan satin mengkilap dengan permukaan yang halus, jenis kain ini biasanya terbuat dari sutra ataupun dari bahan rayon. Kualitasnya yang mewah  menjadikan jenis kain ini populer untuk gaun pernikahaan dan acara formal. Namun, karena kualitasnya yang mewah jenis kain terbatas fleksibitasnya dan sulit untuk dijahit . Berikut beberapa kelebihan maupun kekurangan bahan ini :

Tampilan

Bahan satin terlihat mewah dan mahal karena permukaannya yang  berkilau , mengkilap. Hal ini merupakan kelebihan bahan ini, sehingga banyak digunakan untuk acara-acara formal, pesta dan gaun pernikahan.  Disisi lain, karena tampilan bahan ini yang terkesan mewah,  bahan jenis ini jarang digunakan untuk pakaian sehari-hari kecuali acara formal.

Sentuhan

Satin bahan yang lembut dan halus ketika disentuh , hal tersebut membuat bahan ini menjadi pilihan terbaik  untuk bahan pakaian seperti piyama, sprei, dan pakaian dalam, karena kain ini lembut dikulit dan nyaman dipakai.

Fleksibilitas  Kain

Kelebihan kain adalah bahan ini ringan, cocok untuk membuat pakain yang longgar. Dalam hal fleksibitasl, bahan ini tidak bisa dijahit dengan detail yang tinggi karena akan merusak bahan.

Penjahitan

Karena satin bahannya licin,  relatif sulit untuk dijahit. Anda harus ekstra hati-hati  ketika menjahit pastikan jahitan tetap lurus.

Pencucian

Kain satin 100 persen terbuat dari sutra, hanya boleh dicuci dengan tangan.  Merawat pakaian berbahan satin memang lebih sulit dibandingkan dengan pakaian yang bisa dicuci dengan mesin cuci.

Penyetrikaan

Teknik penenunan yang khusus membuat kain ini terlihat mengkilap. Gunakan setrika dengan hati- hati jika anda tidak ingin merusak kainnya.

Satin memang bukan bahan yang murah oleh karena itu selalu perhatikan cara perawatannya sehingga, kain tersebut tetap awet.  Semoga  beberapa informasi diatas bermanfaat ya !

Mari Berbagi.Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone