Mengenal Jenis Serat Kain Sprei

LinenKetika anda berbelanja dan membeli beberapa item untuk tidur, sprei ataupun kain sprei , ada baiknya jika anda juga mengenal jenis-jenis kain ataupun tenunannya, yang tentunya akan sangat membantu anda untuk menemukan jenis yang cocok dan nyaman untuk anda. Berikut  daftar dari beberapa jenis serat kain yang digunakan untuk sprei.

Serat Katun

Kain katun adalah kain yang paling banyak digunakan dan disukai untuk sprei dan kain karena bahan ini paling tahan lama dan lembut.  Ada berbagai jenis katun digunakan untuk sprei dan beberapa campuran lain . Berikut beberapa jenis  katun yang umum digunakan untuk sprei maupun selimut

Katun yang berasal dari mesir merupakan katun termewah yang biasa digunakan untuk sprei dengan kualitas tinggi, harga sprei ini terbilang sangat mahal. Pohon kapas pengahasil katun ini tumbuh di cuaca hangat dan panas seperti Afrika Utara.  Seratnya cukup panjang sehingga katun yang dihasilkan sangat lembut dan berkilau.

Katun Pima terkenal akan kelembutan dan kilaunya yang alami.  Bahan ini memiliki serat medium hingga ekstra panjang cocok untuk bahan sprei. Jenis katun ini tumbuh di sekitar Barat Daya Amerika Serikat dan beberapa lokasi lainnya.

Katun Upland adalah katun yang tersusun dengan serat dengan panjang yang sedang jenis katun ini diproduksi di Amerika Serikat.

Supima adalah merk dangan untuk serat maupun bahan tenun yang 100% berasal  dari katun Pima Amerika

MicroCotton juga merupakan merk dagang  untuk benang katun yang dibuat di India. Katun ini tahan lama, karena serat katunnya yang panjang sehingga katun ini cukup nyaman untuk bahan sprei.

MicroCotton® is a trademarked brand for a cotton yarn developed in India. Its durable cotton, made from long staple cotton fibers, is considered amongst the finest in the world.

Tencel® biasa disebut serat era baru, karena bahan ini dibuat dari serat yang tidak alami melainkan buatan manusia. Bahan ini memiliki kelebihan untuk menahan kelembaban dan menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Serat Sutra

Sutra merupakan jenis kain yang mewah, serat kain yang halus dihasilkan dari ulat sutra .  Sutra terbuat dan bahan yang alami, sehingga aman untuk orang-orang yang alergi.

 

Serat Polliester

Polester adalah serat alami yang dibuat manusia  dan dihasilkandari polimer.  Sprei Poleyster biasa ditemukan dihotel dan motel, bahan ini lebih disukai karena tahan lama dan bersih .

Serat Campuran

Penting sekali untuk tahu jenis kain campuran, hal ini sangat umum . Bahan campuran merupakan sprei yang terbilang tidak mahal, tetapi cukup tahan lama. Bahan ini merupkan kombinasi dari beberapa jenis katun, sutra maupun jenis serat lainnya. Kebanyakan bahan campuran  terbuat dari katun dan viscose(serat dari bamboo), sutra atau polliester.

Nah, setelah beberapa informasi diatas anda jadi lebih tahu kira-kira jenis kain apa yang diinginkan untuk sprei, dan tentunya sesuai dengan kantong anda, karena semakin baik kualitas bahan yang dihasilkan semakin mahal pula harganya.  Jadi tetap harus cermat ya!

Mari Berbagi.Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone