Tidur Berkualitas Saat Ramadhan

tidur saat  puasaDisaat puasa memang badan terasa lemas, penyebab lemas bahkan bukan karena kita merasa lapar, tetapi karena kita harus bangun awal untuk sahur, dan setelah sahur rasa kantuk akan tiba sehabis sholat subuh, jika seandainya anda tidur akan mungkin sulit bagi anda untuk bangun kembali, nah hal inilah yang menyebabkan anda merasa lemas karena istirahat yang Anda butuhkan kurang dari kebiasaan anda sebelum ramadhan .

Pola tidur yang berubah tentuk juga akan mempengaruhi kualitas tidur anda, oleh karena itu beberapa tips dibawah ini bisa anda lakukan agar keesokan harinya anda merasa fit tanpa merasa mengantuk.

Ubah Jam Tidur Malam

Saat bulan Ramadhan pasti banyak sekali ibadah yang kita ingin lakukan, terutama anda tentu tidak ingin melewatkan shalat tarawih. Umumnya shalat tarawih akan selesai sekita jam 8 atau sampai jam setengah Sembilan tergantung dimana anda akan shalat berjama’ah. Jika biasanya pada waktu tersebut anda melakukan aktivitas lain yang biasanya anda lakukan, sebaiknya tidak anda lakukan selama bulan puasa, sebisa mungkin anda segera tidur jika tidak aktivitas lain yang harus anda lakukan. Hal ini dikarenakan agar tidur anda merasa cukup dan bangun sahur merasa segar. Selain itu jika anda langsung waktu tidur yang anda butuhkan terpenuhi sekita 6-8 jam.

Atur Waktu Sahur Anda

Penting sekali untuk mengatur waktu pukul berapa anda akan sahur, tetapi sebaiknya anda dianjurkan untuk sahur mendekati waktu imsak, tetapi jika anda harus memasak dulu sebelum sahur tentu anda bisa lebih awal lagi mungkin sekitar jam 3.15, selain bisa membuat anda tidak merasa lapar lebih lama anda juga tidak bangun terlalu cepat. Nah setelah sahur dan shalat subuh anda bisa membaca Al-quran ataupun tidur kembali tetapi jika anda harus berangkat kantor pagi harinya tidak disarankan untuk tidur karena seandainya tidur, waktu yang anda butuhkan kurang dan biasanya ketika bulan puasa jam masuk kantor juga berubah bahkan satu jam lebih awal dari biasanya, agar anda juga bisa pulang lebih awal.

Tidur Siang Saat Istirahat Kantor

Nah ketika waktu istirahat tiba, setelah sholat sempatkanlah tidur . Walaupun kurang dari satu jam cukup memberikan efek yang baik bagi anda. Setidaknya mengurangi rasa kantuk anda setelah tidur dan Anda merasa segar.

Sumber : blog.lazada.co.id

Gambar : google.com

Mari Berbagi.Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone