Tips Tidur Nyaman dalam Mobil Saat Mudik

mudikMudik , menjadi agenda tahunan wajib bagi semua muslim menyambut Hari Raya Idul Fitri , pulang kekampung halaman bertemu keluarga dan sanak saudara tentunya akan menjadi saat yang penuh suka cita. Mempersiapkan segala sesuatu mulai dari transportasi , pakaian, kebutuhan perjalanan dan lain-lain.

Pilihan transportasi juga bermacam-macam baik udara dengan pesawat, laut dengan kapal, maupun darat dengan menggunakan mobil, bus, dan kereta api. Tak jarang pula mobil menjadi pilihan favorit para pemudik untuk melakukan perjalanan. Selain dirasa lebih santai bisa juga menghemat biaya perjalanan, Anda bisa berhenti sesukanya untuk beristirahat atau melewati jalan-jalan yang relatif lebih sempit. Mobil juga menjadi tempat yang nyaman untuk tidur saat diperjalanan. Agar anda bisa beristirahat dan tidur didalam mobil dengan nyaman, simak 5 tips berikut

Jangan menyalakan AC AC memberikan kenyamanan saat di jalan.

Udara yang dingin dan sejuk dari alat ini membuat Anda semakin menikmati perjalanan. Akan tetapi, menyalakan AC saat anda hendak tidur sangat membahayakan, bahkan menyebabkan kematian . Karena pada saat AC mobil nyala dan mobil dalam keadaan diam, sirkulasi udara antara oksigen dan karbonmonoksida tidak berjalan baik. Perputaran udara yang tidak baik tersebut menyebabkan Anda akan menghirup karbonmonoksida, gas yang berbahaya. Sebaiknya buka juga jendela mobil Anda, agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Cari tempat aman

Ketika pada saat Anda ingin beristiraha ada baiknya Anda mencari tempat pemberhentian yang aman untuk bermalam di mobil. Jangan berhenti di tengah hutan atau wilayah yang jauh dari keramaian. Rest area di tiap SPBU dapat menjadi tempat Anda untuk memberhentikan mobil. Pastikan juga Anda sudah mengetahui situasi dan kondisi daerah tersebut dengan baik.

Siapkan makanan dan minuman

Makanan dan minuman berperan penting dalam perjalanan. Ketika bermalam di mobil, baiknya Anda menyediakan makanan dan minuman. Hal ini akan memudahkan Anda untuk tidak keluar dari mobil dan makan dengan tenang. Selain itu, dengan menyiapkan makanan juga menghemat biaya pengeluaran Anda. Setelah makan, Anda bisa langsung beristirahat.

Perhatikan rambu jalan

Jangan sekali-kali menyepelekan rambu jalan, karena di dalamnya terdapat arahan dan peringatan yang jelas. Sebelum beristirahat, pastikan Anda telah membaca rambu-rambu jalan di sekitar Anda sebelum terlelap. Rambu-rambu jalan tersebut berisi seperti dilarang berhenti, dilarang parkir, dan masih banyak lagi. Jangan sampai saat Anda beristirahat, polisi datang menilang karena mobil Anda berhenti di dekat larangan parkir. Atau, kondisi jalan berbahaya ditandai dengan rambu tikungan tajam, rawan longsor, rawan licin dan lain-lain. Tentu Anda tak ingin istirahat Anda terganggu bukan?

Regangkan badan usai beristirahat

Setelah beristirahat, kini saatnya meregangkan otot. Melakukan pemanasan seperti menggerak-gerakan badan, akan membuat otot Anda kembali rileks dan tidak kaku. Hal ini akan menambah kenyamanan Anda dalam melanjutkan perjalanan. Luangkan sedikit waktu untuk peregangan otot untuk membuat badan segar kembali.

Jangan lupa membawa obat-obatan dan supplemen

Perjalanan yang cukup jauh membutuhkan kondisi fisik yang prima, oleh karena itu setidaknya persiapkan suplemen maupun obat-obatan saat dalam perjalanan. Ini diperlukan biasanya bagi Anda yang mudah terkena mabuk perjalanan dan juga untuk mengobati penyakit ringan lainnya.

Mari Berbagi.Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterEmail this to someone